Minggu, 04 Oktober 2015

Tutorial membuat Foto menjadi Kartun Vektor Sederhana dengan Photoshop CS3






Holaa DeesCavers! Ane balik lagi nih, kali ini ane mau share tutorial membuat foto wajah menjadi kartun Vektor di Photoshop CS3, tapi ini versi ane sendiri sih, masih agak kasar dan gak rapih :3 mohon dimaklumin yak hehe, ane juga baru belajar, maka dari itu ane ingin membagikan tutorial ini biar deesCaver dapat mencobanya.
Ane disini menggunakan teknik pen tool, dan trace, pen tool merupakan salah satu alat yang sering digunakan dalam membuat objek bebas ataupun melakukan seleksi dan membuat objek



  •  Buka Photoshop dan Pilih foto yang akan di pakai latihan. Agar lebih mudah aktifkan window yang akan sering kita pakai seperti  Path, Navigator dan History, caranya pilih tab window di bagian atas toolbar, lalu centang window yang akan di gunakan.



  • Buat sebuah layer baru, jika ingin menamai layer, tekan CTRL+SHIFT+N, kemudian namai layer, karena yang pertama kita buat adalah mata, Deescavers bisa menamai layer tersebut dengan nama Mata.

  •  Lalu pilih Pen tool di bar sebelah kiri, pen tool adalah tool yang akan sering kita gunakan disini. 

  • Berikutnya gambar lah objek yang mengikuti bentuk mata pada foto menggunakan pen tool, buatlah semirip mungkin, jika pada saat membuat bola mata terasa sulit, buat lah layer baru dengan nama bola mata, lalu pilih shape tool pada toolbar di sebelah kiri, pilih eclipse tool untuk membuat lingkaran bola mata,letakan shape tersebut sesuai dengan bola mata pada foto seperti di bawah ini. 



  • Setelah itu buat lah mata bagian lain nya, jika tidak mau repot, untuk mata kiri gunakan teknik duplicate, caranya kilik kanan pada layer mata lalu pilih duplicate layer, dan sesuaikan dengan mata kiri pada foto, jika ingin merefleksi objek duplikasi tadi tekan CTRL+T lalu klik kanan dan pilih Flip Horizontal, kemudian sesuaikan. Setelah itu buatlah bagian-bagian lain nya seperti hidung, alis dan bibir dengan menggunakan teknik yang sama. 




  • Untuk membuat bagian dalam mata, buatlah layer di bawah layer mata tadi, lalu gambarlah objek sesuai dengan bagian dalam mata, gunakan warna putih.



  • Untuk mempercantik mata, buatlah layer baru di atas layer mata, lalu buatlah sebuah bola lagi dengan menggunakan Eclipse tool pada dalam bola mata, disini ane memilih warna Brown, lalu buat lagi sebuah bola di dalam bola berwarna brown tadi dengan warna Hitam, buat sekali lagi dengan bola berwarna putih dibagian atas seperti gambar dibawah, dan jangan lupa buat pencaayaan nya dan lakukan lagi teknik duplikasi untuk bagian mata yang lain.


  •  Sebelum kita membuat wajah, Klik kanan pada layer utama, pilih Duplicate Layer, lalu pilih menu Filter > Pilih Artistic > Pilih Cutout, akan tampil seperti di bawah ini, sesuaikan sesuai selera DeesCavers.



  •  Selanjutnya buatlah bagian wajah sesuai dengan bentuk wajah pada foto, dan Satukan Layer Mata, Hidung, Bibir dan alis tadi dengan cara, Tahan SHIFT lalu pilih layer-layer tadi kemudian klik kanan dan pilih Merger Layer. Dan atur Opacity sebesar 88%. Teknik tadi akan menghasilkan bayangan pada sisi gelap dan terang foto. Tanpa perlu membuat trace lagi.





10.   Gunakan teknik yang sama dalam membuat rambut dan baju, jangan lupa memperhatikan posisi layer. Gunakan Erase tool jika ada objek yang berlebihan atau tidak sesuai, dan taraaaaaa ! jadilah Vektor Super duper sederhana buatan ane.





Sekian Tutorial dari ane, Cara ini benar-benar original versi temuan ane DeesCavers, di karenakan sewaktu belajar dari tutorial-tutorial di Blog desain, ane sedikit gak ngerti dan mencoba-coba mencari jalan pintas, dan beginilah hasil nya, walaupun gak Rapih, tapi cukuplah untuk menambah wawasan. Untuk berikut nya akan ane bagikan Hasil-hasil “coba-coba” ane yang lainnya, mungkin beda dari tutorial lain nya dan cocok untuk Newbie. Maka dari itu  Tersesatlah Di sini ! :D

1 komentar:

  1. Saya juga ingin berbagi nih. Saya ada file desain kartu ucapan yang Insya Allah keren dan pastinya gratis tidak usah pake bayar. Monggo silahkan download di blog ato wordpress saya. Wassalam.

    BalasHapus