Senin, 05 Oktober 2015

Tutorial Membuat Foto menjadi Kartun (Manga) Chibi dengan Photoshop CS3


Halo Deescavers, sesuai janji ane kemarin, ane akan membagikan lagi tutorial hasil “coba coba” ane di Photoshop CS3, kali ini ane akan memberikan Tutorial Membuat foto menjadi Kartun Chibi, ada yang tau chibi? Menurut om Wikipedia, Chibi adalah kata Bahasa Jepang yang berarti "orang pendek" atau "anak kecil". Kata ini populer di kalangan penggemar manga dan anime. Arti kata ini adalah seseorang atau binatang yang pendek/kecil. Contohnya seperti dibawah ini deescavers.



Disini kita akan membuat gambar ini menggunakan teknik pen tool, sama seperti tutorial membuat gambar vector yang beberapa waktu lalu ane bagikan, hanya kali ini ada beberapa perbedaan di segi bentuk, penasaran? Ayo mulai menggambar!

  • Pertama-tama pilih foto yang akan kita buat.


  • Untuk langkah awal kita akan membuat wajah, tidak seperti kartun vector, untuk bagian Versi Chibi lebih bundar dan “chubby”, jadi disini kita akan menggunakan Shape Tool, pilih bentuk Eclipse, dan sesuaikan, jangan lupa beri warna sesuai warna kulit.



  • Selanjutnya kita akan membuat Mata, tambahkan Layer baru dengan cara CTRL+SHIFT+N, dan namai dengan ‘Mata’. Untuk hasil yang lebih rapih kita akan membuat dengan Line tool, pilih line tool pada tool bar sebelah kiri, lalu rentangkan sesuai Mata pada foto.



  • Selanjutnya untuk membuat Garis tadi sesuai dengan lengkungan mata, pilih Warp mode pada pojok toolbar, kemudian  pada pilih Arc lalu sesuaikan.


  • Buatlah tambahan seperti bulu mata dan garis mata menggunakan Pen tool, lalu buat juga Bola mata, dikarenakan Ciri khas dari Chibi terletak di mata, Mata yang kita buat harus terlihat cerah dan besar, pada bola mata tambahkan lingkaran berwarna coklat sebagai bayangan mata menggunakan Shape tool dengan bentuk eclipse, lalu timpa lagi dengan warna Hitam di bagian tengah dan agak lebih kecil, dan tambahkan layer baru lagi dan gunakan lagi shape tool untuk membuat lingkaran putih dan letakan sesuai keinginan Deescavers. Agar terlihat lebih epic, atur lah pencahayaan dengan cara klik kanan pada layer Lingkaran Coklat tadi, pilih Blending Mode dan pilih  Inner Shadow, sesuaikan sesuai keinginan. Dan buat layer di bawahnya untuk membuat bagian berwarna putih pada mata.


  • Jika sudah, Satukan semua layer (Mata, bola mata, dan Bagian putih)  tadi dengan cara Seleksi semua layer tadi, lalu klik kanan dan pilih Merge Layer. Lalu Duplicate layer tersebut, untuk membuat mata yang lain, untuk merefleksi Objek tersebut caranya CTRL+T lalu Klik kanan dan pilih Flip Horizontal, setelah itu sesuaikan posisi matanya.


  • Buatlah bagian bagian lain Seperti, hidung , alis, makeup, bagian kecil pada mata dan bibir, menggunakan teknik Pen tool, ingat deescavers, kombinasi warna sangat penting disini. jika sudah, satukan semua layer tadi.




  • Selanjutnya buatlah bagian Rambut, dan Telinga, karena disini saya memakai foto teman saya yang berjilbab, jadi yang akan saya buat adalah jilbab nya, tapi Overall tidak banyak yang berbeda Deescavers, tetap menggunakan Pen Tool, Karena ini versi chibi, buatlah bagian ini Seimut mungkin, tidak perlu terlalu sesuai dengan foto yang asli, hanya saja harus sesuai dengan bentuk wajah yang kita buat tadi,dan perhatikan posisi Layer,  setelah itu satukan layer jilbab dengan layer wajah yang kita  buat sebelumnya, seperti dibawah ini.



  • Setelah selesai membuat bagian jilbab, kita akan membuat bagian baju, seperti hal nya Jilbab ataupun rambut, bagian baju juga sangat penting dan harus di buat seimut mungkin, dengan postur yang lebih kecil, di bagian ini perhatikan detil-detil seperti kancing lekukan-lekukan tubuh,  dan bayangan pada baju, gunakan pen tool dan buatlah serapih mungkin . seperti di bawah ini.
 

  • Buat juga bagian tangan dan kaki, untuk bagian kaki tidak perlu di buat sedetail mungkin, dan buatlah bentuk sederhana seperti gambar berikut.


  • Untuk bagian terakhir buatlah layer di atas layer background, kemudian warnai menggunakan Paint Tool, warnai sesuai keinginan Deescavers. Atau mungkin kalian ingin menambahkan objek lain ataupun teks, buatlah sekreatif mungkin agar terlihat lebih menarik. Dan tadaaa, inilah hasilnya !

Sekian tutorial dari ane, mudah-mudahan dapat diCerna hahaha,  ane masih punya beberapa Tutorial hasil “coba-coba” ane di photoshop , akan ane bagikan di postingan selanjut nya. See yaa Deescavers!

2 komentar: