Jumat, 18 September 2015

Yakin Bahasa Indonesia kamu udah Benar? Ayo uji di Game Unik ini !


Halo DeesCaver ! Selamat datang di ‘Cave’ (Gua) baru ane, setelah sekian abad meninggalkan dunia Blog-ngeBlog, ane aktif lagi di dunia ini di karenakan Tugas Mata Kuliah yang mengharuskan ane membangun sebuah gua yang baru ! ehh blog baru maksudnya :v.

Kali ini ane akan nge-Review Sebuah Game karya anak bangsa yang menurut ane keren, dan cukup menambah wawasan tentang Bahasa Indonesia, khususnya dalam penggunaan kosa kata. Creacle, Game Developer/Game studio  asal Kota pelajar Jogjakarta adalah developer yang berhasil menciptakan Game unik ini,
Nama gamenya adalah “Sambung Kata”, Mungkin DeesCaver pernah download atau bahkan memainkan game ini, karena game ini dapat di download gratis di Google Playstore dan App store milik iOS, yang mulai rilis pada tanggal 3 Maret 2015. Hingga saat ini, Sambung Kata sudah di download 10 ribu kali di Google playstore, hmmm lumayan mengesankan untuk game karya anak bangsa ini.


Game ini sudah di unduh 10rb kali di playstore.

Game ini mengacu pada KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ), sehingga setiap kata yang muncul adalah kata yang memang benar-benar baku, dan kata dasar yang tidak memiliki imbuhan, seperti Me-,An,-Ber- dan lain-lain. Pemain di tantang untuk menyambung sebuah kata yang di berikan secara acak dengan mengambil suku kata terakhir kata tersebut untuk di bentuk menjadi kata baru, begitu seterusnya sampai pemain benar-benar kehabisan kata-kata, Pemain juga hanya memiliki 10 detik untuk menyambung sebuah kata, dan tentunya harus kata yang sesuai dengan KBBI,jika melanggar, akan dikenai penalty 3 detik,  selain itu pemain tidak boleh mengulangi kata yang sama, jika pemain tidak berhasil menyambung kata dalam waktu 10 detik permainan akan berakhir. sangat mirip dengan permainan Sambung kata di masa kecil, Menarik bukan?

Di akhir permainan, pemain dapat melihat rekap kata yang sudah disambung beserta artinya, maka dari itu selain menyenangkan, game ini sangat bermanfaat dalam memperkaya Kosa-kata Bahasa Indonesia kita.

                Game ini juga memiliki beberapa Mode :


Beberapa mode main pada game ini.



Main Sendiri, pada mode ini Deescaver di tuntut menyelesaikan kata dengan peraturan yang sudah ada, Mode ini juga bisa di bilang mode normal, dan sangat menyenangkan jika di mainkan bersama-sama, dengan 1 perangkat dan digunakan secara bergantian

.

Mode main sendiri.

Lawan Bung Kata, ini adalah mode favorit ane, dimana kita harus mengalahkan Maskot dari game ini, Bung Kata, Maskot ini di gambarkan seperti seorang mahasiswa berkaca mata yang selalu membawa kamus, bisa di bilang mode ini adalah mode yang paling sulit, bagaimana tidak? Kita harus mengalahkan pria culun dengan Kamus bahasa Indonesia nya? Pfffft, tapi inilah kesenangannya ! dalam Updetan terbaru, Game ini memiliki Maskot baru, yaitu Neng Bunga.

Lawan temanmu, Mode ini dapat kita gunakan jika kita ingin melawan teman, dengan menggunakan koneksi jaringan, selain teman dalam mode ini kita dapat melawan pemain lain dalam mode random (Acak).

Raja kombo, jika ingin lebih mengasah kecepatan dalam memikirkan kosa kata yang tepat, mode ini adalah pilihannya, dimana setiap kata yang tepat akan dilipat gandakan skornya.

Main 1 menit, dalam mode ini kita diberi 60 detik untuk menyelesaikan kata-kata sebanyak-banyaknya.

Sudden Death, Mode ini lumayan sulit, jika satu saja kesalahan dalam menebak kata, Game Over!

                Ane ingin merekomendasiin game ini kepada DeesCaver sekalian, jika sudah bosan dengan Clash of Clans atau Candy Crush, tidak ada salahnya mencoba Game unik ini, selain menyenangkan game ini bermanfaat dalam memperkaya Kosa kata bahasa kita. Ane juga sering memainkan game ini diwaktu senggang, terutama pada saat bosen di KRL :D Game ini dapat kita download secara gratis di Google Playstore,atau cukup klik disini jangan lupa beri rating yak dan Update informasi game ini dapat di akses melalui situs www.sambungkata.com . Sekian review dari ane, semoga makin banyak game karya anak bangsa yang mampu bersaing di kancah global. Salam Dee’sCavers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar